Sunday, February 13, 2011

10 Penyakit berbahaya Bagi pria

Penyakit yang terjadi pada kaum pria pada umumnya bisa dicegah dengan menghindarkan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk dalam keseharian. Perilaku tidak sehat tersebut antara lain kebiasaan merokok, tidur larut malam, mengkonsumsi obat terlarang, mengkonsumsi minuman beralkohol, terlalu lama berada di jalan raya dan lain-lain.


Penyakit-penyakit tersebut pada umumnya berasal dari akumulasi gaya hidup dan konsumsi makanan tidak sehat yang secara terus menerus dilakukan sampai akhirnya tubuh tidak mampu lagi mengatasi dan menyebabkan fungsi tubuh terganggu.


Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar 10 penyakit paling berbahaya yang sering menyerang pria berdasarkan laporan dari Center for Diseas Control and Prevention (CDC).


1. Serangan Jantung



Di negara Amerika Serikat, serangan jantung adalah penyakit pembunuh pria nomor satu. Jantung membutuhkan darah agar dapat menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Darah mengalir menuju jantung melalui arteri koroner yang berasal di dasar aorta dan menyebar ke seluruh permukaan jantung. Arteri koroner sangat rentan terjadi penyempitan akibat penumpukan kolesterol. Saat arteri tidak cukup lebar untuk mengalirkan darah, maka suplai darah menuju jantung akan mengalami hambatan.




Penyakit jantung
Gejala penyempitan pembuluh darah di jantung pada umumnya ditandai dengan nyeri dada, berkeringat, sesak napas, mual dan gangguan pencernaan. Bila aliran darah dalam jantung berhenti karena proses pembekuan, maka akan menyebabkan serangan jantung yang fatal dan bisa membahayakan nyawa. Pembekuan darah di jantung terjadi bila arteri tidak dapat mengalirkan darah sama sekali. Hal ini di awali dengan detak jantung yang tidak teratur hingga akhirnya terjadi serangan jantung mendadak.


Penyebab serangan jantung adalah riwayat keluarga, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol tinggi. Kita memang tidak bisa meminta memiliki riwayat keluarga terkena serangan jantung, namun kita bisa mencegah serangan jantung melalui kebiasaan sehat sejak dini. Hindari merokok dan rajin olahraga pagi membantu kita terbebas dari penyakit jantung.


2. Kanker


Kanker yang paling banyak terjadi pada pria adalah kanker paru-paru. Penyebab terbanyak dari kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Merokok menyebabkan 90 persen penyakit paru-paru pada pria. Selain kanker paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan impotensi, kanker mulut, kanker tenggorokan dan kanker saluran pernapasan. Tembakau yang ada di dalam rokok mengandung nikotin yang bersifat karsenik, baik kepada perokok aktif maupun perokok pasif. Oleh karena itu, pria hendaknya menghentikan kebiasaan buruk merokok untuk menghindari terkena beragam penyakit kanker.


Selain itu, kanker yang sering terjadi pada pria adalah kanker prostat. Kanker prostat pada umumnya terjadi para pria usia senja dan menyerang saluran kencing. Kanker prostat tidak dapat terdeteksi pada usia muda sehingga perlu pemeriksaan secara teratur untuk mencegah kanker berkembang lebih parah. Kanker usus dan kanker testis adalah dua penyakit kanker lainnya yang terjadi pada kaum pria. Pemeriksaan kanker usus dilakukan dengan menganalisa feses penderita. Sedangkan pemeriksaan kanker testis dilakukan dengan menganalisa timbulnya pembengkakan, benjolan dan rasa nyeri yang ditimbulkan.


3. Kecelakaan


Kaum pria adalah golongan manusia yang memiliki hormon adrenalin tinggi sehingga mereka kerapkali melakukan aksi yang membahayakan nyawa. Kegiatan ini beresiko mengundang maut karena bisa saja terjadi kecelakaan yang merenggut korban nyawa. Pria dapat mencegah terjadinya kecelakaan fatal dengan meningkatkan kesadaran untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri selama berkendara di jalan raya.


Bagi pengemudi mobil diharuskan memakai sabuk pengaman, sedangkan untuk pengendara motor harus melengkapi diri dengan helm. Saat pria melakukan olahraga di luar ruangan hendaknya juga memakai helm, misalnya olahraga bersepeda, sepatu roda, ski es dan lain-lain. Pemakaian helm dapat melindungi kepala dari kemungkinan terbentur benda keras.


Kecelakaan juga bisa terjadi selama pria berada di rumah akibat ledakan tabung gas dan racun karbonmonoksida. Pastikan semua peralatan telah berada dalam kondisi aman dan jauh dari jangkauan. Hindari pula mengkonsumsi minuman beralkohol selama bekerja sehingga mempengaruhi tingkat kesadaran Anda selama mengoperasikan peralatan mesin.


4. Stroke


Penyakit nomor 4 yang paling membahayakan pria adalah stroke. Penyakit stroke terjadi akibat gangguan aliran darah menuju otak sehingga sel-sel otak tidak berfungsi. Penyempitan pembuluh darah menuju otak, pembekuan darah di otak dan pecahnya pembuluh darah di otak adalah beberapa penyebab utama penyakit stroke. Penderita stroke umumnya mengalami gangguan penglihatan, kesulitan berbicara dengan benar dan kematian organ tubuh sebelah.


Sekali lagi, kebiasaan buruk merokok menjadi penyebab utama mengapa stroke banyak menyerang kaum pria dibanding wanita. Nikotin dan beragam senyawa beracun lain yang terdapat di dalam rokok menyumbat aliran darah menuju otak sehingga gejala-gejala stroke terjadi. Hal lain yang menyebabkan stroke adalah karena faktor keturunan, kadar kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi.


5. Penyakit Paru-Paru


Penyakit paru-paru yang umum menyerang laki-laki adalah dari jenis emfisema, pneumonia dan bronkitis. Ketiga penyakit ini disebabkan oleh racun yang terkandung di dalam asap rokok dan masuk ke sistem pernapasan. Manusia yang menghisap asap rokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif, dalam darahnya mengandung ribuan zat yang berbahaya. Masuknya racun ke dalam paru-paru menyebabkan berkurangnya kemampuan paru-paru menyebarkan oksigen ke dalam aliran darah.


Gangguan fungsi paru-paru ditandai dengan sesak napas akibat kekurangan oksigen. Sesak napas yang terjadi secara tiba-tiba bisa mengancam nyawa manusia dan mengakibatkan kematian mendadak. Bila manusia berhenti bernapas selama 4 menit maka sudah dipastikan dia akan meninggal. Berbagai penyakit akibat tidak berfungsinya paru-paru bisa dicegah dengan berhenti menjadi perokok, menghindari kebiasaan begadang dan menjaga kebersihan udara lingkungan dengan menanam pohon-pohon hijau.


6. Diabetes




Penyakit diabetes
Penyakit nomor 6 yang paling membahayakan pria adalah diabetes. Penyakit diabetes disebut juga dengan kencing manis dan penyakit gula darah. Sebagaimana kita tahu, organ pankreas bekerja dalam tubuh manusia dengan menghasilkan hormon insulin yang berfungsi mengubah glukosa menjadi energi. Diabetes terjadi karena kadar insulin dalam darah berada dalam level tidak normal. Kadar insulin sangat rendah dan tidak mampu mengubah seluruh glukosa sehingga sebagian akan dibuang melalui air seni.


Diabetes dapat menyebabkan kegagalan multi-organ bagi penderitanya. Penyakit komplikasi yang timbul akibat diabetes antara lain stroke, jantung, kebutaan, gagal ginjal, kerusakan sistem syaraf, hingga amputasi organ tubuh yang mengalami luka berkepanjangan. Diabetes dapat disembuhkan dengan menyuntikkan hormon insulin ke dalam tubuh dalam jumlah tertentu. Kaum pria dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes dengan cara menjaga pola makan yang tepat, berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan ideal.


7. Influenza


Penyakit influenza, biasa disingkat sebagai penyakit flu, pada umumnya dianggap remeh oleh sebagian besar masyarakat. Flu bisa terjadi kepada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Penyakit ini diakibatkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat cuaca ekstrim dan pola makan yang tidak teratur. Terjadinya flu seringkali disertai dengan demam, sakit kepala, batuk dan nyeri tenggokan. Kita bisa mencegah terkena penyakit flu dengan cara makan teratur, menghindari memakai barang penderita influenza dan berolahraga secara rutin.


Penyakit flu bisa menjadi penyakit berbahaya dan mematikan bila flu tersebut diakibatkan oleh infeksi virus flu burung (H5M1). Flu burung telah menyebar dan merenggut jutaan nyawa manusia dalam waktu singkat di negara-negara Asia. Tidak mengherankan jika penyakit ini berada pada peringkat ketujuh daftar penyakit yang paling berbahaya bagi pria. Saat ini ahli kesehatan dunia masih meneliti sejumlah vaksin flu burung yang dianggap bisa mencegah meluasnya wabah ini.


Selain itu, penyakit flu yang berbahaya adalah flu yang disertai dengan infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae dan menyebabkan penyakit pneumonia. Kita dapat mencegah penyakit pneumonia dengan cara melakukan vaksin pneumokokus. Hindari pula memakai barang-barang pribadi milik penderita agar kita tidak tertular.


8. Bunuh Diri


Walau para pria dari luar terlihat sebagai pribadi jantan yang tangguh, namun dalam beberapa hal mereka miliki jiwa yang lemah. Putus asa dan pemikiran bahwa tidak ada lagi harapan untuk masa depan adalah awal mula aksi bunuh diri. Bunuh diri disebabkan oleh depresi yang berlebihan dalam melihat kenyataan hidup. Gejala-gejala depresi antara lain sulit tidur, sulit berkonsentrasi, tidur tidak nyenyak, tidak selera makan dan berkurangnya kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.


Bunuh diri memang bukan suatu penyakit secara fisik layaknya stroke, diabetes dan serangan jantung. Namun bunuh diri memberi andil sebagai penyebab nomor 8 mengapa banyak pria di dunia ini meninggal dunia. Kita bisa mencegah lebih banyak aksi bunuh diri dengan menerapkan pola hidup syukur, menghargai perbedaan pendapat, mendekatkan diri kepada Tuhan dan lebih banyak bertukar pendapat mengenai masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.


9. Penyakit Ginjal


Secara normal, ginjal manusia berfungsi dalam menyaring kotoran yang terkandung dalam darah lalu membuang melalui sistem ekskresi yang berupa urine atau air kencing. Saat ginjal tidak mampu menyaring berbagai kotoran, maka orang tersebut akan mengalami penyakit gagal ginjal. Penurunan fungsi ginjal umumnya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Namun penyakit ini bisa juga terjadi kepada anak muda yang kurang mengkonsumsi air putih dalam kegiatan sehari-hari.


Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyakit yang bisa menyebabkan penyakit ginjal. Penyakit ini kerap terjadi kepada para pekerja yang memiliki waktu berlama-lama untuk duduk dan lupa minum air. Kita bisa mencegah penyakit gagal ginjal dengan cara menghentikan kebiasaan merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari.


10. Penyakit Alzheimer


Selanjutnya, penyakit yang menduduki peringkat kesepuluh sebagai penyakit paling berbahaya bagi pria adalah penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan berkurangnya kemampuan berpikir dan berbahasa manusia secara berangsur-angsur. Bisa dikatakan bahwa alzheimer adalah pencuri memori atau ingatan manusia. Seorang pria, umumnya para orang tua, yang terkena penyakit ini akan lupa identitas diri, keluarganya dan ingatan masa lalunya.


Sama halnya dengan penyakit demensia, belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit alzheimer. Meski demikian, para ahli medis memperkirakan tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan kolesterol tinggi sebagai awal mula menurunkan kemampuan ingatan manusia. Para pria bisa mencegah kemungkinan terkena penyakit alzheimer dengan mengindari rokok, menjaga kebugaran tubuh dan aktif bersosial dengan orang-orang di sekitar.










Itulah daftar 10 penyakit paling berbahaya yang sering terjadi kepada pria. Beberapa diantara bisa mengancam nyawa, sedangkan lainnya bisa membahayakan keselamatan diri. Kita bisa mencegah terjadi penyakit-penyakit di atas dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan tetap menyayangi keluarga. Semoga informasi kali ini berguna untuk Anda. Mari berperilaku sehat untuk masa depan yang lebih baik!



jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger