Friday, February 11, 2011

Melukis Sebagai Media Ekspresi Anak


Orangtua lebih sering mengajarkan anaknya membaca dan menulis tapi jarang yang mengajari melukis. Padahal melukis bisa membantu anak mengungkapkan perasaannya.

Anak-anak umumnya suka menggambar, mencoret-coret atau membuat tanda pada kertas bahkan dinding rumah dengan menggunakan pensil atau krayon. Kondisi ini kadang membuat orangtua kesal karena rumah menjadi berantakan.

Jangan emosi dulu karena menggambar dan melukis bisa membantu anak mengekspresikan pikirannya. Kegiatan ini akan mendorong kemampuan imajinatifnya sehingga membantu perkembangan keterampilannya (skill development), seperti dikutip dari IndiaParenting, Sabtu (26/3/2011).

Dengan membantu anak untuk menggambar dan melukis maka itu mengembangkan kemampuannya dalam berimajinasi serta meningkatkan keterampilan motoriknya secara bersamaan karena kegiatan ini turut melibatkan jari-jari dan tangan.

Orangtua bisa mulai mengajarkan anaknya untuk menggambar atau melukis pada usia 12 atau 14 bulan.

Bagi balita lukisan atau gambar seperti eksperimen dan tidak mempedulikan hasil akhirnya. Anak-anak ini akan bermain dengan warna dan menggambar hal-hal yang menurutnya menarik dan disukai.

Beberapa orang mungkin berpikiran bahwa balita yang bermain cat atau menggambar hanya akan mendapatkan kotor saja tanpa ada manfaat lainnya.

Hal ini tidak sepenuhnya benar karena pada usia tersebut anak memiliki banyak emosi, jadi menggambar atau melukis bisa menjadi media untuk mengeskpresikannya sambil bermain dengan berbagai warna.

Agar kegiatan ini tidak mengotori rumah dan dinding, tak ada salahnya bagi orangtua untuk menyediakan alat dan kertas atau buku untuk anak menggambar. Serta ikutlah bergabung dengannya sehingga kegiatan ini bisa dilakukan bersama-sama dan mendorong kreativitasnya.

Menghabiskan waktu bersama dengan anak sambil belajar melukis atau menggambar menggunakan cat atau krayon merupakan saat-saat yang indah serta bisa meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak.

Tapi jika anak menggambar di dinding atau mengotori rumah, orangtua sebaiknya tidak membentak atau memarahinya karena akan membuat anak takut sehingga menghambat perkembangan imajinatifnya. Orangtua bisa memberitahunya secara perlahan dan baik-baik sambil memberinya pengertian.[kumpulberita.com]
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger